Tips Tentang Keberuntungan, Silakan Dicoba!

Belakangan saya sedang suka sekali dengan sebuah program di TV kabel berjudul “How 2 Win”. Acaranya membahas tentang bagaimana secara naluriah manusia itu memiliki kecenderungan untuk menang atau menghindari kekalahan dalam hidupnya. Di acara tersebut secara gamblang diberitahu bagaimana cara-cara kita untuk meraih kemenangan, kesempatan, dan peluang berdasarkan hasil riset dan penelitian. Seperti apa?
IMG_7164Salah satu TIPS contohnya adalah bagaimana kita bisa memenangkan sebuah negosiasi? Sebelum kita melakukan negosiasi kita bisa menumbuhkan rasa percaya diri kita dengan cara yang sangat sederhana, yaitu melakukan “victory pose” atau gerakan saat menang pertandingan; yakni posisi mengangkat kedua tangan setinggi-tingginya. Yup.. mirip sekali dengan pose saat seorang atlet ketika memenangkan sebuah pertandingan. Menurut penelitian, pose tersebut ternyata mampu memberikan rasa percaya diri secara tidak langsung kepada otak kita. Otak semacam mendapatkan asupan keyakinan bahwa saya sudah menang.

 

1415_10151508495496533_249852571_n

Ceritanya para peneliti tadi melakukan eksperimen, dicoba ke dua kelompok relawan. Kelompok satu adalah mereka yang melakukan pose kemenangan sebelum menghadapi interview. Kelompok satunya lagi disuruh melakukan pose meringkuk (jongkok dengan kedua tangan memeluk kaki). Ternyata dari hasil eksperimen tadi, semua relawan yang melakukan pose kemenangan lolos interview semua..!

Nah.. di acara TV tadi ada banyaak sekali cara-cara yang mudah kita terapkan sehari-hari untuk meraih kemenangan atau mengurangi kekalahan. Termasuk salah satunya adalah bagaimana memenangkan undian lempar koin. Secara teori, mereka menjelaskan bahwa saat akan memilih sisi uang untuk undian, perhatikan baik-baik kedua sisi koin. Lihat sisi mana yang lebih banyak gambarnya yang akan berakibat lebih tebal material logamnya. Dengan demikian asumsinya adalah sisi yang lebih tebal akan lebih berat, dan sisi yang lebih berat berpotensi jatuh menghadap ke bawah. Maka saat undian, pilihlah sisi koin yang kebalikan dari sisi yang tebal tadi. Namun apakah itu akan menjamin undian kita menang? Secara fakta bisa jadi tidak, akan tetapi jika dilihat secara teori atau matematika, maka tanpa penelitian tadi kemungkinan menang undian lempar koin adalah 50 : 50. Sementara dengan hasil penelitian tadi, kemungkinan menangnya paling tidak adalah 51 : 49. Dalam situasi seperti ini, peluang mana yang akan kamu pilih? apakah peluang 50 : 50? atau peluang 51 : 49?

2843933783_2850e6db41_oBerkaitan dengan teori tadi, ceritanya saya akan berniat mengambil cicilan mobil – bukan untuk saya melainkan adik saya. Ada banyak pilihan jasa kredit kepemilikan kendaraan bermotor, hanya saja yang menarik bagi saya adalah melakukan eksperimen kesempatan dan peluang di atas tadi dalam kehidupan nyata. Dari sekian banyak paket kredit cicilan kendaraan bermotor, saya sortir hanya yang memberikan undian hadiah saja. Dari yang terpilih tadi saya sortir lagi, paket kredit mana yang memberikan nilai peluang LEBIH dibanding yang lain?

Akhirnya pilihan saya jatuh pada paket kredit kendaraan bermotor dari BCA. Kenapa saya pilih yang itu? Kesempatan hadiahnya paket ini bukan cuma satu hadiah namun berpeluang mendapatkan TIGA HADIAH! Bayangkan peluang 3 hadiah dibandingkan 1 hadiah? Tentu saya akan pilih yang 3 hadiah. Terlepas saya akan menang hadiah atau tidak menurut saya sudah tidak soal, karena toh misi saya cuma mau mengambil jasa cicilan mobil bukan? Jadi jika punya peluang mendapatkan 1 hadiah, ya sudah bagus.. akan tetapi jika kamu punya peluang lebih untuk mendapatkan 3 hadiah? Mana yang kamu pilih?

Secara teori peluang tadi, maka peluang dari BCA ini yang punya potensi lebih menguntungkan bukan? Mari kita coba 😀

«
»

2 comments on “Tips Tentang Keberuntungan, Silakan Dicoba!”

  1. koekoeh says:

    Advertorial yang cerdas! Hehehe

    1. motulz says:

      Eh tapi isinya beneran kan? 🙂 ada manfaat gak nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: