Serunya Sketsa Bareng Kelas Dunia Di Singapura

Super senang! Akhirnya bisa bertemu dengan para sketchers dunia dari berbagai negara. Bukan cuma gambar bareng, tapi ngobrol, dan minta wejangan kreatif atas karya-karya kita. Seru abis! Namun demikian.. ada tapi-nya!

Seperti yang sudah saya share di tulisan blog sebelumnya, acara sketching bareng di Singapore ini merupakan hajatan yang kita – para travel-sketcher, sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Selama 5 hari kita muter-muter kota Singapura sambil sketching dan bertemu banyak sekali sketcher kawakan dari banyak negara.

IMG_4671-small

Dihadiri hampir 400 orang sketcher dari 36 negara, mereka janjian buat menggambar bareng di kota yang memiliki banyak sekali bangunan bergaya modern, kolonial Inggris, Cina, dan Melayu. Saya bersama genk sketcher dari Indonesia pun tidak melewati kesempatan ini bertemu dengan para sketcher idola kita.

Hadir di sana antara lain, Nina Johansson dari Sweden, Shari Blaukopf dari Canada, Simone Ridyard dari Manchester Inggris, lalu ada Lapin dari Barcelona Spanyol, Vanont dari Bangkok Thailand, Vicente Sardinha dari Portugal, Tia Boon Sim dari Singapore, K K dari Penang, dan masih banyaaaak lagi.. sampai lupa! Dari Indonesia, saya pergi bersama Yandi, Artyan, Wahyu, Sheila, dan Vira. Dari rombongan Bandung saya bertemu Nino, Nadia, Andreas dan Pak Thamrin. Belum lagi dari Surabaya dan Semarang.. ah seru banget lah!

Kami di Singapore menginap di tempat yang berbeda-beda, kebetulan saya dan genk hore menginap di V Hotel di Bencoolen Street yang lokasinya dekat dengan National Design Center di mana acara berlangsung. Jadi kita bisa dengan mudah mondar-mandir ke venue cukup dengan berjalan kaki. Apalagi lokasi kegiatan sketchwalk-nya pun dilakukan di seputaran wilayah Bugis. Jadi kita tinggal jalan kaki saja ke sana-sininya. Thanks to GoAheadPeople.com yang sudah memberikan fasilitas hotel untuk kami 😀 yiipiee!

Genk hore..

Genk hore..

Karena tempat tinggal yang dekat ini maka kami pun tidak melewatkan kesempatan menggambar bareng sketcher idola kami sekaligus memanfaatkan waktu santai dengan mengobrol minta masukan dan saran-saran atas sketsa kami. Sangat insightful dan menjadi terpacu untuk makin giat traveling dan sketching! Intinya, travel-sketching is a story telling about places through your drawings, atau bercerita tentang sebuah tempat lewat gambar. Mengapa sketching menjadi menarik? Karena lewat gambar sketching kita bisa dengan mudah membubuhkan catatan cerita atau catatan tambahan atas apa yang kita lihat. Beberapa sketsa kami, sudah kami posting di media sosial selama acara kemarin via Twitter, Instagram, dan Facebook. Silakan cek tagar #USKSingapore2015 untuk tagar resmi acara lalu tagar #GoAheadSingapore dan #GoAheadMoment untuk melihat hasil sketsa kami.. uuhuy! 🙂

Kami semua selalu sibuk dan asik mengisi hari-hari dengan jalan-jalan dan gambar-gambar. Sebuah kenikmatan tersendiri bagi mereka yang gemar traveling dan sketching. Perkenalan, pengalaman, dan sharing ilmu tentang sketching menjadi keasikan tersendiri dari keikutsertaan hajatan kelas dunia seperti ini. Ikut bangga juga pas tahu bahwa kehadiran kami-kami di sana juga adalah sebagai perwakilan dari Indonesia. Yihaa..!

Lima hari berkegiatan tidak terasa harus sudah selesai. Kami semua puas dengan segala persiapan dan penyelenggaraan dari teman-teman panitia Singapore. Malam terakhir, kami semua kumpul untuk makan-makan dan mengumumkan kota tuan rumah untuk hajatan simposium urban sketchers 2016. Kota yang terpilih adalah Manchester Inggris! Woohoo.. keren dan seru nampaknya! Ah semoga kami mendapat jalan dan kesempatan bisa hadir di sana..!! amiin..! GoAheadManchester!! 😀

IMG_4919-small

Seperti yang saya tulis di awal, acara ini sangat seruu dan bagus.. hanya masih ada TAPI-nya, yaitu sayang saja jika acara ini terlalu sebentar! Rasanya masih ingin berkumpul dan menggambar bareng. Namun seperti apa kata pepatah kuno, “don’t push your luck” atau jangan paksakan kesenangan atau keberuntungan saat ini, kita tunggu saja kejutan atau kesenangan lain yang akan datang menghampiri kita 🙂

So… Terima kasih Urban Sketchers! Terima kasih Singapore! Terima kasih teman-teman sketchers Indonesia… dan Terima kasih juga GoAheadPeople.com  untuk dukungan dan semangat Change The Ordinary nya!!

See ya in Manchester!

See ya in Manchester!

«
»

One comment on “Serunya Sketsa Bareng Kelas Dunia Di Singapura”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: