Black Garlic, Mengajak Orang Jakarta Untuk Masak Sendiri

Masyarakat Jakarta dan sekitarnya diajak kembali ke dapur untuk memasak makanan mereka sendiri. Ajakan ini sudah lama saya dengar sejak bergabung dengan ACMI (Aku Cinta Masakan Indonesia). Menurut Pak William Wongso, makanan rumah yang dimasak di dapur sendiri adalah salah satu aktivitas nyata dalam menjaga program ketahanan pangan.

Namun sayangnya, tidak sedikit rumah tangga yang dapurnya pasif. Saya pernah coba curi-curi tanya ke teman-teman yang hadir di beberapa kali acara ACMI, salah satu alasannya adalah penghuni rumahnya yang sibuk beraktivitas di luar rumah. Akhirnya waktu untuk memasak bahkan belanja bahan masakannya pun tidak ada. Alasan umum adalah ketidaktahuan cara masak (tidak bisa masak), lalu ada juga yang bisa masak tapi tidak tahu harus belanja dan memilih bahan masakan yang baik.

Beberapa waktu lalu saya dikontak oleh BlackGarlic (@BlackGarlicID) di Twitter untuk mencoba paket bahan masakan untuk dicoba dimasak sendiri di rumah. Untuk yang belum tahu, BlackGarlic ini adalah layanan delivery bahan makanan segar siap masak pertama di Indonesia yang selain mengirimkan bahan juga disertai tutorial cara memasaknya. Lumayan bagi saya yang gapsak (gagap memasak), akhirnya tahu cara membuat Mie Kangkung a la chef 😀

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa memasak adalah kegiatan yang merepotkan dan menghabiskan waktu. Namun jika dilihat dari sisi positifnya ada banyak manfaat yang didapat dengan memasak makanan Anda sendiri. Dengan memasak sendiri, kita jadi menghargai sebuah proses masakan yang akan kita makan. Kita jadi paham bahan dan bumbu apa yang akan masuk ke dalam perut kita. Namun ketidaktahuan dalam proses atau cara masaknyalah yang umum menjadi kendala bagi mereka yang ingin sekali mencoba masak sendiri di rumah. Menjawab permasalahan ini, BlackGarlic meluncurkan sebuah kolaborasi bersama Kokiku TV melalui program Guest Chef Series. Yaitu webisode pendek yang muncul di kanal Kokiku TV di YouTube.

“Kesibukan masyarakat urban di kota besar sering membuat kita malas memasak, dengan BlackGarlic Guest Chef Series ini, tidak hanya masyarakat semakin dimudahkan dengan adanya bahan makanan segar yang siap diantar, tapi juga menjadi sebuah medium kreatif bagi para chef Indonesia untuk mempromosikan makanan mereka kepada masyarakat umum.” Kata Michael Saputra selaku CEO BlackGarlic.

Kolaborasi BlackGarlic dengan tiga chef Kokiku TV ini dimulai dengan kemunculan tiga chef muda, yaitu Gerry Girianza, Yuda Bustara dan Ari Galih. Ketiga chef ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap aktivitas memasak. Resep yang dibuat langsung oleh ketiga chef ini sudah melalui proses uji coba di dapur BlackGarlic demi mendapatkan hasil terbaik. Nah, bagi kalian yang baru mau mencoba masak sendiri seperti saya, dengan cara menonton video tutorial masak seperti ini kita jadi bisa dengan mudah belajar memasak. Video-nya bisa di pause atau diulang-ulang sampai kita paham cara meracik yang benar 😀

launching

Menu-menu Guest Chef Series -nya tersedia di www.blackgarlic.id . Kamu bisa cari menu dari chef Gerry Girianza, Yuda Bustara dan Ari Galih. Masing-masing chef akan menghadirkan 8 menu setiap bulannya yang terdiri dari menu sarapan (breakfast menu) dan menu original (dinner menu). Oh iya.. untuk kamu yang sudah merasa jago masak dan cakap untuk disebut sebagai chef, pihak BlackGarlic membuka program Guest Chef Series ini. Dengan program kolaborasi ini BlackGarlic berharap kedepannya makin banyak chef Indonesia lainnya yang akan terus menginspirasi masyarakat untuk kembali ke dapur dan memasak makannya sendiri.

Hayuk atuh masak 🙂

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: