Kreatif Teknologi VS Teknologi Kreatif, Cara Snapdragon-820

Snapdragon-820? ya itu adalah jenis chip prosesor terbaru milik Qualcomm. Sejujurnya saya tidak terlalu memantau perkembangan dunia prosesor, baik untuk komputer maupun perangkat selular. Makanya kaget saat diundang oleh tim Qualcomm ke Singapore untuk berkenalan dengan sebuah piranti yang tidak lebih besar dari kotak korek api.

Acaranya lumayan serius, berada di tengah jantung kota Singapore di sebuah hotel yang saya yakin akrab dengan wisatawan Indonesia yang sering ke Singapore, yup.. Grand Hyatt Hotel dekat Orchard Road. Undangan yang hadir selain dari media massa juga banyak mengundang pengguna aktif media sosial dan blogger, mulai dari travel blogger, video blogger, sampai fashion blogger. Saya sendiri diundang karena dianggap sebagai creative content blogger.. Nah lho..

Qualcomm Snapdragon 820 SEA debut - 3

Acara dibuka di dalam sebuah function room yang bagus sekali, terlihat berjejer beberapa smartphone yang menggunakan prosesor Snapdragon-820. Ada yang sudah dirilis dipasaran ada juga yang belum. Acara dimulai dengan sambutan beberapa pembesar Qualcomm di region Asia Pasifik. Dari situ semua peserta dibagi menjadi beberapa grup dan dipandu oleh perwakilan dari tim Qualcomm. Masing-masing grup mulai dibawa ke lantai atas hotel, di sinilah kejutan dimulai..!

 

 

 

Ternyata, di lantai 15 Grand Hyatt Hotel Singapore ini beberapa kamar hotel sudah dirombak oleh tim Qualcomm menjadi “lab demo”. Kami masuk dari kamar yang satu ke kamar yang lain untuk diperlihatkan kecanggihan dari fitur-fitur yang dimiliki Qualcomm Snapdragon-820 ini. Mulai dari kecanggihan kualitas kamera 4K dalam mengatasi bintik-bintik putih saat cahaya rendah, kecanggihan minimnya latency atau jeda audio capture-nya, jeda pandangan di perangkat virtual-reality-nya yang seringkali membuat kita mual, lalu kecanggihan fitur audio recorder yang mampu melakukan beberapa mode perakaman, hingga kecanggihan sistem keamanan dan sistem ultrasonik yang digunakan pada pemindai sidik jari.

Dari ruangan satu ke ruangan lain, saya cukup dibuat terpana dan terpesona bagai di-“cubit naga”. Bukan karena ada SPG di dalam kamar-kamar itu, melainkan demo dari fitur-fitur yang dimiliki Snapdragon-820 ini sungguh merupakan sebuah terobosan dari teknologi kreatif. Apa itu teknologi kreatif? Perkembangan dunia teknologi nampaknya semakin canggih saja. Dari pengembangan teknologi tersebut nampak sekali ada banyak terobosan yang lahir dari gagasan kreatif. Seperti hal-nya fitur pemindai sidik jari, dibayangan kita umumnya adalah bahwa cara memindai (scanning) sidik jadi adalah dengan mengambil tekstur sidik jadi pada lempengan datar bukan? Hal ini terbayang sama seperti saat kita ingin melakukan cap sidik jadi di paspor. Akan tetapi terobosan Snapdragon-820 justru dengan menggunakan gelombang ultra-sonic, alasannya sederhana sekali, karena jadi manusia seringkali berminyak atau kotor sehingga bisa menimbulkan kesulitan saat memindai sidik jadi. Gagasan kreatif ini tentu tidak mudah jika kita tidak memahami kemampuan teknologi ultra-sonic itu sendiri.

 

Sementara sebaliknya, kreatif teknologi adalah hal-hal kreatif yang bisa dilakukan atau diaplikasikan ke dalam banyak hal. Dengan fitur-fitur teknologi baru milik Snapdragon-820 ini, diharapkan akan bermunculan ide-ide baru dari para praktisi dan pekerja kreatif dalam menggunakan prosesor terbaru dari Qualcomm ini. Misalnya pemanfaatkan VR, audio recorder, atau bahkan scanning sidik jari yang kelak bisa cukup dilakukan di tepi smartphone atau di tengah screen atau layar bukan?

Terobosan teknologi kreatif milik Snapdragon-820 ini seolah menjadi pemantik para programmer, game developer, digital artist, digital musician, dan seterusnya untuk bisa mengeksplorasi dengan gila-gilaan fitur-fitur ini menjadi sebuah karya atau produk-produk kreatif. Kolaborasi keduanya, antara teknologi kreatif dan kreatif teknologi nampak sekali menjadi keunggulan yang ditawarkan oleh prosesor milik Qualcomm ini. Saya sebagai seorang yang tertarik di keduanya tentu saja tidak habis-habis terpukau dengan kecanggihan fitur Snapdragon-820 ini. Kita nantikan saja, smartphone keluaran terbaru di pasaran kita cari mana yang menggunakan “mesin” Snapdragon-820. Biasanya sih tiap-tiap brand produk akan menuliskan dalam spesifikasi tekniknya.

Ini dia tanda logo Qualcomm Snapdragon

Ini dia tanda logo Qualcomm Snapdragon

—–

Lihat juga cerita perjalanan saya dengan Qualcomm Snapdragon 820 ini via Steller di bawah ini:

 


«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: