Menjemput Impian Untuk Sketching Bareng Sketcher Dunia

Sebagai seorang travel-sketcher, saya harus update dengan komunitas urbansketchers.org, sebuah komunitas yang beranggotakan para sketcher dari seluruh dunia. Nah.. siapa sangka jika komunitas kelas dunia ini akhirnya mengadakan sketching bareng di wilayah Asia, yaitu Singapura?

Dilaksanakan hanya beberapa hari setelah Lebaran, mulai tanggal 22 sampai 25 Juli 2015. Namun para sketcher dari berbagai pelosok dunia sudah hadir di Singapore sejak beberapa hari lalu dan gambar-gambar mereka pun sudah bermunculan di Facebook, Twitter, dan Instagram. Membuat saya dan beberapa rekan sketcher dari Indonesia pun makin tidak sabar untuk segera berangkat ke Singapore.

Sejak tahun 2010, UrbanSketchers (biasa disebut USK) rutin menyelenggarakan kegiatan simposium tahunan. Tahun ini hajatan tersebut digelar dengan nama “The 6th International Urban Sketchers Symposium Singapore”. Acara ini terdiri dari serangkaian kegiatan mulai dari gambar bareng keliling kota, workshop, dan presentasi.

Snapshot 2015-07-21 07-10-57Karena hajatan ini adalah kali keenamnya diadakan, maka tidaklah heran jika banyak sekali sketcher dunia yang tertarik untuk menghadiri acara ini. Ada dari Jerman, Spanyol, Canada, Amerika, Hong Kong, dan seterusnya. Mulai dari arsitek, animator, ilustrator, seniman, travel-sketcher, atau sekedar orang yang hobi sketching yang semua memiliki antusias yang sama yaitu keliling kota untuk menggambar bersama.

Antusias tersebut juga terasa di antara teman-teman sketcher Indonesia. Rencana menghadiri acara ini sudah terasa sejak jauh-jauh hari, yaitu sejak pertemuan kami di hajatan Bandung Sketchwalk 2015 bulan Mei lalu. Beberapa teman dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan beberapa kota lain nampak sudah tidak sabar ingin “kopdar” dan sketching bareng keliling kota Singapura. Semangat untuk ikut USK-Singapore ini makin menggebu-gebu karena di acara tersebut kami akan bertemu dengan para sketcher dunia dan kita akan bisa menggambar bersama mereka.. kapan lagi ada kesempatan seperti ini? 😀

Di Jakarta, saya bertemu dan berembuk dengan beberapa teman sketcher. Kendala utama kami pergi ke USK-Singapore ini salah satunya adalah jadwalnya yang mepet dengan Lebaran. Selain sulit minta exit permit dari “acara” keluarga, juga mahalnya tiket pesawat dan penginapan di Singapore. Namun semangat yang sudah bulat ini membuat saya bersama teman-teman berusaha mencari tiket pesawat yang murah-murah saja. Namun siapa yang duga bahwa budget yang besar justru ada di anggaran penginapan!

Base camp acara USK-Singapore ini berada di National Design Center di daerah Bugis. Daerah yang bagus, artsy, serta banyak ditemukan galeri dan museum. Hotel di daerah sini tidaklah murah. Tapi jika kami mengambil penginapan yang agak jauh, kami khawatir tidak akan maksimal mengikuti acara sketchwalk (jalan-jalan sambil sketching). Maka idealnya adalah kami menginap di dekat venue sehingga mudah untuk keluar jalan kaki langsung ke venue.

10631983_1456838081249479_935290330_n

Lalu mulailah kami menghitung kebutuhan anggaran penginapan. Kalau pun akhirnya buntu maka kami terpaksa akan menginap di hostel.

Namun, siapa yang sangka di saat kami sedang kusut menghitung anggaran tiba-tiba rencana kami ke USK-Singapore ini diketahui oleh pihak GoAheadPeople.com
saat pertemuan acara Bandung Sketchwalk.

Karena memiliki semangat dan antusiasme yang sama dengan pihak GoAheadPeople.com, maka #GoAheadPeople setuju untuk mendukung saya dan teman-teman berangkat ke USK-Singapore 2015. Alasannya sederhana saja, #GoAheadPeople merasa kegiatan ini adalah kegiatan yang artsy, unik, dan tidak-mainstream, sama persis seperti semangat “Change The Ordinary” yang selalu ingin mendukung aktifitas kreatif atau program positif yang “di luar kebiasaan”.

Dengan dukungan dari #GoAheadPeople ini maka saya bersama beberapa teman-teman  sketcher bisa menginap di hotel bagus yang berlokasi dekat dengan venue.. cihuy!

Dari banyak teman-teman sketcher dari Indonesia, berikut beberapa teman yang akan pergi ke USK-Singapore bersama saya:

  • Yandi (IG: @yandi_p) desainer interior; piawai menggambar bangunan dan kendaraan
  • Artyan (IG: @artyan_trihandono), arsitek; piawai menggambar bangunan dan suasana yang belakangan sedang mahir sketching dengan menggunakan ranting, bukan pena.
  • Wahyu SP (IG: @_wsp_ ), arsitek; sangat piawai sketching dengan watercolor
  • Nino (IG: @coretanino), animator; jago menggambar bangunan, kendaraan, suasana, manusia, dan semuanya deh.. maklum karena dia animator ya.
  • Sheila (IG: @sheilasplayground), comic artist; Ibu dua anak yang jago bikin komik tapi jadi gandrung bikin sketch dan sedang tertarik dengan travel-sketch

  • Vira (IG: @viratanka), travel organizer; yang juga travel-sketcher dan penulis buku.
  • dan masih banyak yang lainnya..

Saya tidak sabar dan sudah membayangkan bagaimana seru dan asiknya acara yang baru pertama kali diadakan di Asia Tenggara ini, karena sebelumnya kegiatan simposium besar ini selalu dilakukan hanya di Eropa dan Amerika saja. Saya yakin sekali pihak panitia Singapore pun akan total mendukung hajatan ini.

Buat kamu yang ingin memantau serunya acara sketching kelas dunia ini, bisa ikuti akun Twitter: @USkSingapore15 atau tagar #usksingapore2015 – Oh iya.. jangan lupa saya pun pasti akan sharing foto dan cerita juga selama di Singapore nanti bersama teman-teman, so pantau terus akun Twitter dan Instagram saya di @motulz atau tagar #GoAheadSingapore

Langsung saja follow dan pantau akun Instagram teman-teman saya tadi atau lihat karya-karya sketching para sketcher Indonesia dengan mampir ke laman Facebook Komunitas Indonesian Sketchers OK? Dukung terus aktivitas sketching di Indonesia! 😀

Woohoo.. Super excited for the trip!!

«
»

2 comments on “Menjemput Impian Untuk Sketching Bareng Sketcher Dunia”

  1. wah keren saya suka seperti itu. pengen bisa, namun gambar masih jelek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: