Mengintip Warna-Warni Street-Art Yogyakarta

Siapa pun yang pernah main ke Yogyakarta pasti sering melihat betapa kota ini sarat dengan kehebohan street art atau graffiti-nya (gambar di dinding). Beberapa waktu lalu saya bereksempatan melihat lebih dekat kehebohan ini lewat program event #ShowYourColors.

Awalnya saya hanya diminta oleh A Motion Sampoerna menjadi salah satu tutor workshop di sebuah hajatan besar yaitu The Parade 2015. Sebuah hajatan rutin yang mampu mengumpulkan banyak sekali generasi kreatif Yogyakarta. Kelas workshop saya sederhana yaitu sebuah kelas kecil yang mengajak siapa pun yang ingin mencoba coret-coret bareng (doodling). Saya cukup menyediakan kertas dan alat gambar lalu saya memberikan arahan materi apa yang musti mereka coret-coret. Hasilnya adalah sebuah kompilasi karya coret-coret yang seru.

Di luar acara tadi, saya pun diajak oleh tim GoAheadPeople.com ke beberapa lokasi “artsy” mulai dari Museum Budaya Jawa Ullen Sentalu hingga diajak melihat-lihat kegiatan street art yang dimotori beberapa komunitas graffiti Jogja. Mereka berkumpul di tembok sisi luar Stadion Kridosono. Nyaris semua dinding stadion tertutup gambar-gambar yang sangat keren sekali. Gaya gambar graffiti-nya sangat beragam sekali, menggunakan ornamen, style, dan ikon baik dari dalam maupun luar negeri. Kombinasi gaya ini menjadikan hamparan dinding stadion ini bak dinding galeri tanpa bingkai. Semua bagian tembok tertutup cat nyaris tak bersisa.

Yang saya suka adalah teknik cetakan kertas (print) berukuran besar yang ditempelkan ke dinding lalu baru di padukan dengan cat semprot. Hasilnya sangat mengagumkan dan terlihat gigantic. Bagi para generasi kreatif Jogja nampaknya hal ini sudah menjadi kegiatan lumrah dan aktifitas yang sering dilakukan. Hal yang paling epic adalah bagaimana mereka menjadikan salah satu RW di Kawasan Kali Code menjadi kanvas raksasa. Bayangkan saja sebuah kawasan perumahan padat di tepian Kali Code di cat dengan warna-warna tertentu dan menjadi sebuah karya seni yang besar dan sangat memukau. Tentu ini bukan sebuah proses satu atau dua malam, nampaknya mereka melakukannya sudah lama dan bertahap. Sangat mengagumkan!

Kali Code memang selalu khas dalam tujuan wisata Yogyakarta, kali ini sempatkanlah mampir ke kawasan Kali Code yang berlokasi di bawah jembatan Jl. Sudirman. Silakan parkir di sekitar jembatan lantas tengoklah ke kiri – kanan, saya yakin kalian akan mudah menemukan dan menandai kawasan warna-warni tersebut.

Terima kasih Sampoerna A dan GoAheadPeople.com atas undangan dan kesempatan berbagi kreatifnya. Semoga bisa dapat peluang ikutan dan diajak lagi di event kreatif lainnya.

 

 

«
»

One comment on “Mengintip Warna-Warni Street-Art Yogyakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: