Gemah Ripah Kisah Mahakarya Rempah Indonesia

Sangat tidak menyangka bahwa Indonesia memiliki sebuah kisah yang maha besar dalam perjalanan sejarah perdagangan dunia. Setelah kita mendengar bagaimana kisah sejarah perjalanan perdagangan era Jalur Sutera, maka Indonesia pernah menjadi bagian dari era perdagangan rempah-rempah.

D81G1258-small

Malam itu, saya menghadiri sebuah acara seru yang diadakan Dji Sam Soe guna mengingatkan kembali bagaimana rempah-rempah pernah menjadi “sang bintang” yang penting dari perjalanan sejarah negeri ini. Bagaimana tidak? menurut penuturan sejarahwan JJ. Rizal, bahwa pada masa itu hampir semua pelaut kawakan Eropa berlomba-lomba berburu dan mencari kemewahan baru yang berbentuk bumbu-bumbuan ini. Bumbu yang konon menjadi bahan dasar untuk obat, makanan, kosmetik, bahkan wewangian yang sangat mahal sekali. Mampu membuat para saudagar dan pelaut Eropa bersaing sengit memperebutkan si rempah-rempah ini (spices). Dua bintang utama dari kelompok rempah-rempah ini adalah Buah Pala (nutmeg) dan Cengkeh (clove). Siapa yang sangka jika menurut BBC nilai satu karung Buah Pala pada masa itu sama dengan harga satu apartemen mewah di London, plus biaya perawatannya dalam 2 tahun!

D81G1438-smallTidak heran jika kemudian Dji Sam Soe bersama Bang JJ. Rizal sepakat bahwa rempah-rempah Indonesia ini sudah selayaknya masuk ke dalam kategori “mahakarya” bumi Nusantara. Yang kemudian dari mahakarya ciptaan Tuhan ini mampu melahirkan mahakarya-mahakarya baru ciptaan manusia, mulai dari karya sastra hingga konsep politik lahirnya negara Indonesia. Program Gemah Rempah Mahakarya Indonesia (GRMI) semacam menjadi pengingat bagi kita, bahwa kisah rempah ini tidak bisa terlepas dari perjalanan sejarah negeri kita hingga hari ini. GRMI mengajak generasi gadget untuk mulai menengokkan kepalanya sebentar ke kisah rempah-rempah ini. Mulai dengan membuat lomba menulis blog tentang rempah-rempah, lalu ngobrol santai di acara travel gathering, hingga membuat lomba blogging dengan hadiah trip ke Ternate!

Kenapa Ternate? karena di sanalah “hutan rempah-rempah” ditemukan dan awal mula titik perebutan kekayaan rempah-rempah di mulai oleh bangsa Eropa. Beberapa peninggalan masih bisa ditemukan dan dilihat di sana. Kunjungan ke Ternate menjadi penting mengingat ajakan akan kepedulian cerita rempah ini bisa amat sangat terasa jika mampu mendapatkan experience-nya secara langsung.

D81G1566-small

Bagaimana caranya bisa ikutan ke Ternate? Gampang lho.. cukup ikutan Writing Competition untuk para jurnalis dan blogger dewasa sampai batas waktu 14 November 2014. Akan dipilih beberapa blogger dewasa dan wartawan untuk diajak trip ke Ternate bersama Bang JJ. Rizal dan saya 🙂 Ikutan deh! Barangkali beruntung kan?

—-

Persyaratan Umum:

  • “Gemah Rempah Mahakarya Indonesia” menceritakan tentang rempah Indonesia yang kini telah menjadi salah satu Mahakarya Indonesia.
  • Kompetisi Tulisan (writing competition) ditujukan untuk para Blogger di Indonesia berusia 18 tahun atau lebih.
  • Peserta berkewarganegaraan Indonesia.
  • Peserta kompetisi harus mendaftarkan karya tulisnya di mahakaryaindonesia@imogenpr.com, mengisi formulir registrasi, dan setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mengikuti kompetisi.
  • Artikel harus dikirim melalui mahakaryaindonesia@imogenpr.com dengan subject “Gemah Rempah Mahakarya Indonesia”. Peserta wajib menuliskan karya tulis yang sama di blog milik pribadinya dan menuliskan sumber foto (jika ada foto pendukung).
  • Periode Writing Competition dimulai 10 Oktober hingga 14 November 2014.
  • Dalam artikel yang dibuat, setiap peserta diwajibkan menuliskan “Gemah Rempah Mahakarya Indonesia”. Penulisan kalimat tersebut tidak harus dibuat sebagai judul. Peserta diperbolehkan unutk melakukan penyebutan dibagian lain dari artikel seperti isi, penutup, dan lain-lain.
  • Karya tulis/blog adalah hasil karya asli, dan tidak mengandung unsur plagiat atau rekayasa.
  • Karya tulis/blog belum pernah memenangkan kompetisi serupa lainnya.
  • Kompetisi akan dibagi menjadi periode mingguan dan setiap minggunya akan dipilih 1 pemenang dan memenangkan hadiah gadget. 2 Best Blogger terpilih dari kompetisi ini akan dipilih oleh juri untuk memenangkan hadiah utama.
  • Peserta dilarang melaukan hubungan surat menyurat mengenai penjurian kompetisi ini, setiap peserta yang melanggar akan didiskualifikasi.
  • Penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasi setiap materi lomba yang diikutsertakan, sebelum, selama, dan sesudah penjurian dilakukan, apabila materi yang diikutsertakan tidak memenuhi persyaratan yang telag ditetapkan.
  • Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Artikel ulasan yang diikutsertakan dalam writing competition ini tidak boleh mengandung kalimat negative dan dapat menyinggung pihak tertentu atau berbau SARA atau politik.
  • Pengumuman tentang Writing competition ini akan diinformasikan melalui email resmi mahakaryaindonesia@imogenpr.com. Informasi lebih lanjut silakan ditanyakan melalui email tersebut.

Kriteria:

Artikel harus menyebutkan kata “Mahakarya Indonesia” dan “Gemah Rempah”, serta dapat menyampaikan pesan utama dan tema besar acara Gema Rempah Mahakarya Indonesia.

Cara Berpartisipasi:

Artikel/blog dikumpulkan via email kepada Gemah Rempah Mahakarya Indonesia PR Team dengan alamat mahakarya@imogenpr.com dengan subjek Gemah Rempah Mahakarya Indonesia Blogger Writing Competition. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi IMOGEN PR Astari (0811-9505464/ astari.nindya@gmail.com) dan Theoreza (081313979706 / theo@imogenpr.com

IMG_8868-small

«
»

7 comments on “Gemah Ripah Kisah Mahakarya Rempah Indonesia”

  1. nengbiker says:

    <– blogger dewasa. udah ikutan. sampai jumpa.

    1. motulz says:

      hahaha ((( dewasa )))

  2. wina says:

    oh, masih ada ya, kirain udah kelar..oke deh

    1. motulz says:

      Masih kak 🙂 kan emang ada lomba mingguan yang di pilih tiap Jumat.. dan ada hadiah utama yg trip ke Ternate! Good luck! 🙂

  3. rinasusanti says:

    form registrasinya di mana nih

  4. semoga makin keren lagi 🙂

    1. motulz says:

      amiin 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: