Kontroversi AI

Keberadaan AI memang masih dianggap kontroversi. Masih banyak dari kita juga pihak atau lembaga yang masih menghindari bahkan melarang penggunaan AI. Ini serius, masih banyak saya dengar dari mahasiswa maupun dosen tentang pelarangan penggunaan ChatGPT di kampus. Walaupun ada juga beberapa teman dosen yang secara pribadi membolehkan mahasiswa-mahasiswinya menggunakan ChatGPT asal memberitahu. Selain itu, masih banyak juga humas Kementerian dan Lembaga yang masih melarang penggunaan ChatGPT dan Midjourney / Bing / Dall-e.

Nah yang menarik, beberapa waktu lalu saya diajak oleh sebuah inisiatif bernama Timeout dari ACE-YS (Asian Creative & Digital Economy Youth Summit)-nya Kemenkomarves dan Selaksa. Yaitu membuka semacam kelas ngobrol kreatif, membahas dan mengulas tentang pro kontra dari AI (artificial intelegence) di dunia keprofesian dan bagaimana dunia profesi menghadapi kehadiran teknologi AI atau kecerdasan buatan ini?
Dari obrolan santai yang asik ini – karena kenbetulan lokasi acara ini memang asik, santai, dan akrab yaitu Markas, saya dapat mengambil kesimpulan sementara: pertama, banyak dari mereka yang enggan, menolak, takut menggunakan AI ini karena alasan belum tahu. Kesulitan mencari informasi atau pencerahan pun juga menambah kebingungan. Akhirnya daripada salah atau jadi masalah mereka kebanyakan memilih untuk wait and see saja.

Yang kedua alasannya karena bagi merasa keberadaan AI ini sudah menjadi ancaman atas pekerjaannya. Kebanyakan dari mereka datang dari pekerja kreatif, yaitu ilustrator dan fotografer. Ini wajar mengingat saat ini AI yang terkenal dan common digunakan adalah AI pembuat (generative) gambar dan foto. Hasilnya memang memukau dan sangat menakjubkan, namun hal ini lah yang menjadi pembahasan pro kontra yang masih hangat sampai sekarang.

Saya merasa obrolan dan diskusi semacam ini bagus dan positif sekali, idealnya diadakan secara rutin. Menjadi tempat untuk berbagi, sharing pengalaman dan pengetahuan, juga membagi pandangan lain tentang sisi negatif dari AI. Bagaimana pun AI adalah teknologi dan bidang ilmu baru, masih berkembang dan berubah-ubah, masih banyak yang coba-coba, bahkan tidak sedikit juga yang gagal. Selain itu pula tentu ada banyak sekali orang yang belum tahu dan masih gagap dengannya. Ya.. Semoga ini jadi awal dan akan jadi kegiatan dan bahasan yang rutin dilakukan. Nah.. bagaimana dengan kalian? ada pandangan atau komen?
«
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: