Selalu Asik Menemukan Hal Menarik Saat Berkunjung Ke Pabrik

Saat jalan-jalan ke pantai bawaannya tuh ingin terjun ke laut. Selain karena daya tarik warna air laut yang begitu indah, tapi juga karena panas terik mataharinya yang selalu membuat kita ingin loncat ke laut. Tapi ada yang menarik dan berbeda pilihan selain loncat ke laut, apa itu? Yak betul! minum air dingin! haha…

OK, saya mau cerita sedikit tentang kunjungan saya ke Kota Pasuruan di Jawa Timur, tapi bukan ke pantainya seperti yang saya ceritakan di atas sebelumnya. Jadi saya diajak berkunjung ke pabrik minuman isotonik terbesar di Indonesia yaitu Pocari Sweat. Sebetulnya pabrik Pocari Sweat itu ada dua, yang satunya lagi ada di Sukabumi Jawa Barat. Untuk yang di Pasuruan ini dikhususkan untuk pendistribusian ke wilayah Indonesia bagian Timur.

Berkunjung ke berbagai jenis pabrik sih saya sudah beberapa kali dan kunjungan ke pabrik milik PT. Amerta Indah Otsuka tentu saja juga menjadi pengalaman lain dan punya daya tarik tersendiri. Luas kawasan pabrik ini hampir mencapai 11 hektar atau ya setara seperti satu kawasan RW di Kelurahan. Selain pabrik, disitu juga terdapat gudang, lalu ada juga pembangkit listrik untuk kebutuhan pabrik sendiri. Sementara di bagian depan ada mesjid, fasilitas kebugaran, lalu rumah pintar yang digunakan untuk kelas belajar tambahan siswa-siswi di sekitar pabrik, dan juga tentunya ada bangunan kantor.

Saat kami tiba di ruang depan gedung kantor semua pengunjung wajib mengenakan tanda pengenal. Hal menarik pertama, tanda pengenal pengunjung (visitor) yang kami wajib kenakan bukan dengan tulisan visitor, melainkan pin keren yang cukup bertuliskan Pocari Sweat. Lalu kami dikumpulkan di ruang Diversity Hall – yang menjadi menarik kedua juga kreatif sekali. Menjadi menarik karena di dalam ruangan ini terdapat karakter komik berwarna biru-putih yang distilasi dari produk Pocari Sweat. Di ruangan yang mirip amphitheater ini kami dijelaskan secara santai dan kocak mulai dari sejarah penemu minuman Pocari Sweat yaitu Tuan Otsuka, proses pembuatan produk, dan teknis pengemasan yang siap didistribusi ke seluruh sisi Timur Indonesia.

Setelah itu kami diajak berkeliling langsung melihat ke sektor fabrikasi. Apa yang kami lihat sungguh menarik nomor tiga, karena di sektor pabrik ini sepi sekali – alias hampir tidak ada orang. Ya betul, hanya terlihat sekitar sepuluh orang saja hilir mudik di sebuah ruangan yang nyaris seluas lapangan sepakbola yang terisi oleh mesin-mesin canggih dan roda berjalan secara otomatis. Proses ini terlihat sangat canggih karena dengan “pintar” si mesin bisa tahu mana botol yang cacat, beratnya tidak sesuai, bahkan tekanan botol yang salah pun langsung secara komputerisasi dipisahkan dari botol-botol lain yang laik dikemas ke dalam kotak dus.

Satu hal yang menurut saya jadi menarik nomor empat, dan cukup kreatif secara desain justru dibagian stacking (penumpukan) dus yang berisi botol-botol minuman. Jadi secara otomatis roda berjalan itu mengatur si dus kotak agar masuk ke bagian stacking secara berpasangan (2 dus bersebelahan). Jadi di atas roda berjalan (conveyor belt) satu dus datang lalu berhenti dan menunggu dus lainnya datang, lalu ketika dua dus sudah berpasangan maka secara otomatis pasangan dus tadi berjalan pindah ke sektor penumpukan. Dari tumpukan-tumpukan tersebut secara otomatis juga disusun sedemikian rupa hingga tumpukan dus tadi tersusun dan membuat rongga agar tumpukan dus ini tidak saling menekan dan mebuat dus menjadi penyok. Jepang memang terkenal dalam hal-hal detil seperti barusan. Saya pun menikmati hal-hal tersebut sebagai sebuah pengalaman kreatif yang unik bukan?


Baca juga : Beberapa kegiatan CSR PT. Amerta Indah Otsuka di Pasuruan dan Malang


Saya selalu senang diajak ke tempat-tempat yang tentu bukan akses umum, seperti misalnya pabrik. Pabrik merupakan simbol sebuah sistem mekanisme yang penuh dengan aturan dan tata-cara yang tidak boleh lengah, sepele, atau main-main. Namun demikian seringkali saya melihat pabrik yang justru menggabungkan sistem yang kaku dan masinal tadi dengan sentuhan-sentuhan kreativitas dan keindahan seperti contoh karakter komik Pocari Sweat tadi dan juga koridor tempat kami menyaksikan proses di pabrik tadi didesain begitu indah bak di dalam sebuah koridor hotel.

Koridor tempat melihat kegiatan pabrik (kaca di kiri)

Berkunjung ke tempat-tempat yang tidak biasanya kita kunjungi tentu akan memberikan pengalaman baru. Pengalaman ini tentu berharga bagi kita-kita yang bekerja di bidang kreatif tentunya. Entah apakah pengalaman saat itu akan langsung bermanfaat, atau mungkin baru bermanfaat kelak. Satu kunjungan ke tempat baru tentu akan menjadi satu pengalaman bernilai jika kita membuka semua “radar” indera kreatif kita. Termasuk ke pabrik atau bahkan sekedar saat ke pantai seperti yang saya ceritakan di awal bukan? Paling tidak bagi saya, kini saya paham kenapa saat saya begitu berkeringat dan dehidrasi di pantai maka saya akan memilih minuman isotonik dan bukan sekedar minuman dingin atau minuman soda. Menarik bukan?

**Terima kasih foto-fotonya kang Haris Maulana dan Mbak Ainun


Baca juga : Melihat teduh dan indahnya Hutan Kota Malabar di Malang, salah satu kegiatan sosial PT. Amerta Indah Otsuka

«
»

2 comments on “Selalu Asik Menemukan Hal Menarik Saat Berkunjung Ke Pabrik”

  1. Reh Atemalem says:

    Aku baru sekali nemu pabrik yang rapi dan bersih kaya gini. Suka!
    Lebih mirip gedung perkantoran ya. 😀

    1. motulz says:

      Iyaaa kak… Apalagi dispenser pocari nya free flow gitu wkhakhakhkaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: