Road Trip Ke Bandung Demi Menjajal City Car 1500cc

City car – atau mobil perkotaan memang umum dikenal memiliki body yang mungil mirip seperti kapasitas silindernya. Asumsinya cc besar tidak terlalu dibutuhkan dalam perjalanan dalam kota. Akan tetapi saya mendapat kesempatan menarik dari Nissan, yang beberapa waktu lalu melakukan test drive dengan rute Jakarta – Bandung – Jakarta lewat sebuah program bernama #NewMarchDay dari Nissan Jakarta.

image-5

Sabtu, pagi-pagi sekali.. kita diberi briefing tentang Nissan New March ini oleh pihak Nissan. Dengan segala fitur-fitur yang keren dan seru rasanya sudah tidak sabar menjajal mobil ini. Ada hal menarik saat pembagian “jatah” mobil karena mayoritas peserta justru memilih mobil dengan transmisi automatic, sementara saya lebih memilih manual. Alasannya? duh panjang nanti kalau musti diceritakan di sini.

image-16

Singkat kata, kita langsung meluncur masuk tol menuju Bandung. Hal pertama yang saya rasakan adalah tarikan. Dengan 1500cc sudah barang tentu tarikan gas menjadi lebih bertenaga. Dengan tarikan seperti ini rasanya tidak sukar untuk melesat dan menyalip beberapa mobil di depan. Namun karena kita bukan sedang balapan maka saya pun sesekali mencoba kemampuan rem ABS-nya. Yup.. ciamik! 🙂

 

photo 2

Nah.. karena acara test drive ini diselenggarakan oleh www.polimoli.com yang dikenal suka heboh kalau bikin event, maka tidak heran sepanjang perjalanan ini juga padat dengan kegiatan kocak, lomba, dan bagi-bagi hadiah. Kita menginap di daerah Cihampelas, yang konon masih bertahan dari serbuan distro baru, keren deh. Jadi seharian itu kita gila-gilaan dari cuma foto-foto, makan-makan, dikasih uang belanja, juga bikin lomba kocak dengan hadiah powerbank sampai ponsel! Matek!

Minggu siang, kita janjian akan bertemu di Upper East – sebuah kafe resto yang berada di Dago Atas. Sementara tim saya, yaitu Ipi (@ipimaripi) sebagai navigator, sedang tersesat di sekitaran Dago Utara. Bermaksud menghindari kemacetan Jalan Dago karena sedang ada Car Free Day, maka dengan bantuan GPS (bawa dari Jakarta) kita menyusuri jalan kecil menembus lembah-lembah. Bermaksud menuju Jl. Cigadung, kita malah kesasar ke daerah Awiligar. Panik? tentu tidak, karena justru dengan kesasar ini kami jadi melintasi jalan-jalan kampung yang rusak. Jadi kami merasakan kepiawaian shockbreaker (peredam kejut) New March ini. Sangat.. nyaman!

Setelah makan siang dan ketawa-ketawa gila, kita diizinkan panitian untuk kembali ke Jakarta tanpa perlu barengan. Tak banyak cang-cing-cong, saya dan Ipi sepakat untuk kembali ke Jakarta sebelum Magrib. Saat itu pukul 15.30 WIB.

Subhannallah, harapan dan doa kami terkabul, jalan tol nampak lengang dan tidak terlalu ramai, kami tiba di Jakarta jam 17.15 WIB. Mobil Nissan New March 1500cc kami siap melesat! Oh iya.. saat berangkat dari Jakarta ke Bandung, kami cuma berdua di mobil. Saya memacu hingga 140km/jam, walau masih mampu akselerasi, tapi koq saya khawatir mobil jadi oleng. Nah, saat perjalanan pulang dari Bandung – Jakarta kami mengajak Mbak Ainun (@pasarsapi) dan Kika putrinya jadi penumpang, agar menambah down force.

 

photo 4

Masuk jalan tol, saya pasang musik yang mendayu-dayu supaya penumpang tidur lelap. YA.. cukup butuh waktu 10 menit, Ipi, Mbak Ai, dan Kika sudah terlelap. Saya aktifkan VDC (Vehicle Dynamic Control) atau dikenal dengan traction control ke posisi ON, set AC ke posisi auto (agar motor kompresor AC tidak membebani mesin), dan langsung saya injak gas dalam-dalam… melesat!! Ha ha ha..

Mengendarai city car dengan cc besar ternyata memang sangat terasa dalam hal akselerasi saat narik dan tenaga besar saat menanjak. Nissan New March adalah salah satunya. Efek dari tenaga ini adalah konsumsi bahan bakar. Saat berangkat tanki kita hanya terisi 85% lalu selama jalan-jalan di Bandung lalu kembali ke Jakarta, sisa tangki kami hanya tinggal kurang dari 10%.

Well.. terima kasih untuk Nissan Jakarta dan tim Polimoli atas kesempatan menjajal mobil cerdas yang tiap beberapa menit perjalanan selalu muncul warning di MID (Multi-Information Display) sebagai reminder yang mengingatkan saya sebagai driver untuk berhenti istirahat minum kopi! 😀

mid

Thanks juga buat teman-teman blogger lain, yang ikutan menjajal Nissan New March varian lain – 1200cc, automatic dan manual. Bersama kalian semua, perjalanan ini jadi makin seru dan heboh! Kapan-kapan kalo ada test drive lagi, ajak-ajak ya.. ! 😀

 

 

 

 

«
»

6 comments on “Road Trip Ke Bandung Demi Menjajal City Car 1500cc”

  1. cK says:

    Gak ada fotoku ih…

    1. motulz says:

      eh iya ya? hahaha.. nanti di DI pake Photoshop aja kak 😛

  2. Chic says:

    Kok kamu percaya Ipi sebagai navigator, Kang? Lha dia aja nyasar muluk kerjaannya. :p

    1. motulz says:

      hauhauhaha.. perasaan gw deh yg bawa kalian jadi nyasar ke lembah2 durjana di Awiligar? hahahaha

  3. dan kita sempet bingung kenapa pas pulang Kang Motulz belok kiri dr Uppereast. Mau kita ikutin tapi gak jadi hihi~

    Sampai ketemu lagi kang ^^

    1. motulz says:

      whahaa iya mas.. itu kita menghindari Dago Atas euy.. takut macet hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: