Makan Malam Bersama Wagub DKI Ahok

Sejak saya ikut dalam komunitas peduli masakan dan makanan ACMI, saya banyak sekali menemukan hal-hal baru di bidang kuliner. Namun kali ini berbeda, karena hal barunya lebih unik, yaitu makan malam bersama Pak Ahok, Wagub DKI 2012 – 2017.

27 Januari 2014, saya beserta rombongan ACMI, untuk kali pertamanya bertandang ke Balai Kota DKI Jakarta atas undangan makan malam Pak Basuki Tjahaja Purnama yang lebih akrab dipanggil Pak Ahok.

 

photo 1-small

Pak William Wongso dan Mbak Santhi Serad sebagai ketua ACMI tentu menyambut gembira ajakan makan malam ini dan kami menyiapkan banyak sekali masakan dan makanan yang dibuat sebelum berangkat ke Balai Kota. Sebut saja Ayam Tangkap Aceh, Rujak Aceh, Iga Garang Asam dan masih banyak lagi. Meja meeting ruangan Pak Ahok pun penuh sesak dengan berbagi jenis makanan, belum lagi sajian masakan yang sudah disiapkan Pak Ahok juga, yang salah satunya adalah favorit saya, Gurame goreng kering!

 

Tidak ada agenda macam-macam, kita cuma makan dan makan. Diselingi cerita-cerita seru Pak Ahok selama menjabat menjadi Bupati Belitung hingga hari dia sibuk mengurusi Jakarta. Hal baru yang saya tahu adalah bahwa Pak Ahok ini memang suka dan gemar sekali dengan menu makanan Indonesia. Tidak jarang beliau pun ikut ke pasar menemani isterinya, yang pandai masak masakan Belitung ini.

Rasanya, salah satu kekuatan local content kita adalah sektor kuliner. Di mana kelak akan makin banyak serbuan produk asing lewat ASEAN Economy Community 2015, maka kekuatan konten lokal lah yang menjadi senjata utamanya. Salah satu dari itu adalah sektor kuliner. Bagaimana pun lidah moderennya orang Indonesia ternyata masih selalu akan rindu dengan cita rasa dan aroma masakan ibunya. Dalam hal ini, maka keterlibatan pemerintah tingkat daerah sangatlah penting untuk menjaga bahkan meningkatkan ketahanan kuliner lokal dari serbuan kuliner asing.

Mari makan! 🙂

photo 5

«
»

One comment on “Makan Malam Bersama Wagub DKI Ahok”

  1. mantab nih kalau bisa makan malam bersama ahok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: