Sketching Di Beberapa Kota Eropa

feat

Eropa rasanya memang sudah lama menjadi tujuan wisata para blog-traveler di Indonesia, saya salah satunya. Hanya saja kali ini ingin saya fokuskan pada aktivitas sketching sebagai kegiatan catatan perjalanan saya, seperti apa?

Berawal dari ajakan Sheila (@sheilaro2105) untuk jalan-jalan ke Amsterdam dan Brussel sebagai misi “umroh komik”, karena Sheila kebetulan menjadi salah satu komikus yang akan hadir di hajatan Frankfurt Book Fair 2015. Dari agenda itu akhirnya kami sepakat untuk mencari pihak yang bersedia menjadi donatur kepergian kami ini. Setelah kami mendapatkan jadwal kegiatan Sheila di Frankfurt, maka kami mulai mengambil tanggal mundur karena rencananya kami akan datang lebih cepat sebelum acara pameran buku yang usianya konon sudah 2 abad itu.

Alhamdulillah rencana kami didukung penuh oleh Pak Johari Zein dari JNE sebagai donaturnya yang kebetulan gemar mengkoleksi komik Indonesia lama dan juga gemar menggambar. Maka berangkatlah kami ke Amsterdam dan Brussel untuk main ke toko komik, bertemu komikus, dan juga berkunjung ke museum komik. Yang mana di luar agenda kedua kota tersebut akhirnya kami pun menyempatkan singgah ke beberapa kota untuk men-sketching suasana, bangunan, dan kegiatan masyarakat di sana.

Yang menjadi tantangan kami adalah musim gugur, dengan suhu rata-rata 12º C sampai terendah 2ºC, sangat dingin sekali sehingga mampu membuat jari-jari tangan terasa beku dan perih. Sulit rasanya untuk melakukan kegiatan sketsa di suhu yang demikian dingin. Saya dan Sheila ketawa-ketawa seolah sedang melakukan sebuah ujian kung fu dan ketangkasan sebagai seorang sketcher sejati, kenyataannya jari-jari kami beku dan terpaksa harus mengenakan sarung tangan.

Total lama perjalanan kami adalah 14 hari termasuk agenda acara Frankfurt Book Fair 2015, sisanya kami singgah ke beberapa kota yaitu Amsterdam, Antwerp, Brussels, Köln, dan Heidelberg. Beberapa catatan perjalanan dari kota-kota tersebut saya tulis di blog travel saya – geospotter.org

Setiap perjalanan pasti punya cerita, termasuk perjalanan yang satu ini. Bertemu kenalan baru, teman lama, dan suasana yang penuh cerita. Saya sangat menikmati sekali traveling sambil sketching kali ini. Suka dan duka pasti ada namun semua menjadi satu paket yang melengkapi keseruan setiap perjalanan kita bukan? Semoga perjalanan sketching ini menjadi kegiatan rutin saya ke depannya. Karena selain akan menambah cerita perjalanan saya juga akan menjadi momen penting dalam mengasah ketajaman rasa dan kemampuan sketching saya… Amin!

 

 

 

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: