5 Tips Penting Jadi Freelancer

Siapa dari kalian yang saat ini masih bekerja kantoran namun terbesit untuk berhenti bekerja dan memutuskan akan menjadi pekerja lepasan atau freelancer? Nah.. dari hasil obrolan dengan beberapa teman-teman yang sudah mantap bekerja paruh waktu, ini 5 tips umum yang harus kamu siapkan..

freelancer

  1. Yakinkan kamu punya skill yang mantap dan meyakinkan; Alasan sebuah perusahaan menyewa tenaga freelancer adalah karena kebutuhan mendesak tenaga kerja tambahan ATAU memang kebutuhan atas keahlian dari si freelancer itu. Jadi jika kamu memiliki skill di atas rata-rata kemapuan umum, maka itu sudah tahap awal yang baik modal menjadi freelancer.
  2. Yakinkan kamu punya rekanan / relasi bisnis yang baik; Poin ini penting namun sering dilupakan oleh para fresh graduate (yang baru lulus kuliah) yang memutuskan tidak mau kerja kantoran. Memiliki rekan bisnis atau klien sangat penting bagi seorang freelancer. Pengalaman bekerja di kantoran adalah peluang kita untuk membuka dan memiliki kenalan banyak klien. Klien adalah sumber job, proyek, dan kerjaan. Klien bawel? santai aja, kamu boleh kesel tapi gak perlu diperlihatkan apalagi sampai diumbar di media sosial.. big no no!
  3. Yakinkan kamu punya cadangan uang / penopang hidup layak; Ini tidak mandatori namun sangat menolog jika kamu memilikinya. Cadangan uang: entah itu tabungan, warisan, hadiah, dan lain-lain. Penopang hidup: ini bisa sekedar kamu tinggal sama orang tua / saudara / orang tua asuh? Yang penting adalah kamu harus bisa santai dalam berfikir, bekerja, dan beristirahat. Tanpa harus pusing dengan tagihan listrik, TV kabel, internet, dan seterusnya apalagi harus pusing untuk makan dan bayar kos? Gawat bro!
  4. Kemampuan multi-tasking; Resiko dari seorang freelancer adalah harus mampu kerja sendiri, mulai dari mengatur kerjaan (scheduling), mengatur proses pengerjaan, mengatur keuangan – administrasi – pajak dst, juga mengatur waktu kapan harus bekerja, istirahat, dan liburan. Jika tidak sanggup seringkali berdampak pada hasil kerjaan yang terburu-buru / telat pembayaran karena sistem administrasi berantakan / tabungan amburadul karena pengaturan tagihan yang kusut, dan seterusnya
  5. Jadilah orang yang menyenangkan; Ini poin sederhana namun sangat sangat sangat penting dan sering dilupakan oleh banyak freelancer. Sebagai seorang freelancer kamu akan dikenal sebagai sosok, bukan lembaga atau kantor. Kamu adalah kantor dan kantor adalah kamu. Jika kamu menyebalkan, sosok kamu akan mirip dengan kantor polsek yang bermasalah dan sering bikin kesal. Jika kamu lelet tapi sok dan banyak gaya maka kamu akan dianggap seperti kantor pemerintahan jaman Orba. Namun jika kamu menjadi orang yang menyenangkan, maka kamu akan membuat nyaman klien seperti sebuah kafe. Terlepas dari kualitas kerjaan kamu yang pas-pasan sekali pun, bisa jadi mereka malah toleran? hehe..

Jadi bagaimana? Sudah siap menjadi freelancer-kah? Jangan takut.. dicoba saja, jika memang ternyata tidak cocok dan siap mengibarkan bendera putih, segera saja melamar kembali bekerja di kantoran. Hidup ini punya banyak pilihan bukan? Tinggal kita mau memilih atau tidak.

Oh iya satu tips bonus..! Sebagai freelancer di era media sosial, akan sangat bermanfaat dan menguntungkan jika kamu mempunyai blog atau portofolio online (web) yang bisa diakses kapan saja dan oleh siapa saja. Ini cara efektif sebagai catatan CV dan etalase kerjaan-kerjaan kita.

OK.. Selamat bekerja! 🙂

 

«
»
Tags: ,

10 comments on “5 Tips Penting Jadi Freelancer”

  1. Masova says:

    6. Usahakan pake internet yang bisa diandalkan…

    :))

    1. motulz says:

      mantap! 😀

  2. William Giovanni says:

    Saya mah partime freelance, freelance iya, masih ngurusin usaha orang tua juga.

    7. Miliki Kartu Kredit Sebelum Jadi Freelancer. Freelancer susah apply kartu kredit #eh

    1. motulz says:

      HAhhaa.. iya itu bener banget! Untung saya punya credit card sebelum jadi freelancer

  3. masjun says:

    kudu siap ditanya sama sodara apa pekerjaanmu. :))

    *pengalaman*

    1. motulz says:

      Wah ini bener banget :)) trus jawabnya gimana mas?

  4. Baik2 ama mantan boss dan temen2 di kantor lama, krn pas udah freelance bisa dapet job rutin dari mereka. Hahaha… #pengalamanpribadi

    1. motulz says:

      Tepaat ..!! :)) Tandain juga bos bos yg potensial bakalan naik jabatan. Bisa perlu tuh ntar2 hahahaha

  5. tip yang lain daripada yang lain. Rencana saya nanti, juga mau menyeimbangkan kedunya mas. Kerja sambil freelance, kerjanya di kerjaan sesuai jurusan. Sedangkan freelance sesuai dengan hobi 🙂 Moga-moga bisa seimbang.
    Salam kenal dari blogger Malang mas

    1. motulz says:

      Halo lagi Mas Sandi…

      Kalau kalau bisa akan sangat asik tuh mas ! 😀 Siap! salam kenal juga mas.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: