Jadi Travel-sketcher Di Majalah Harper’s Bazaar Indonesia

Jalan-jalan, foto-foto, dan makan-makan, sudah lama jadi motto saya saat traveling. Namun karena seringnya mengalami delay saat mau terbang, saya pun jadi sering mengisi waktu dengan sketching. Sejak itulah setiap saya jalan-jalan, saya foto-foto, makan-makan, dan juga gambar-gambar (sketching).

Tanpa sadar keasikan saya melakukan travel-sketching membuat pengalaman tersendiri saat bepergian. Saya menjadi lebih sering memperhatikan bentuk bangunan, detil ornamen arsitektur, komposisi dan campuran warna, arah cahaya, jatuhnya bayangan, termasuk detil dari setiap bentuk benda dan aktivitas manusia.

FullSizeRender-1

Saya bisa lho duduk lama berdiam diri hanya untuk menatap dan memandangi suasana di pasar, perempatan jalan, bangunan tua, tepi sungai dan seterusnya. Dari situ saya mulai mencoba menangkap bentuk, komposisi, dan suasana lewat coretan di sketchbook saya.

Dalam menggambarkan suasana ini saya tidak sedang meng-capture “persis” suasananya lho, melainkan menangkap suasana sebagai referensi lalu mengolah suasana tersebut di dalam kepala, lalu menuangkannya dalam gambar di atas kertas sebagai bentuk persepsi saya atas suasana tersebut. Jadi bukan merekam suasana dan harus mirip, jika ingin demikian saya pasti akan foto saja. Maka harap maklum saja jika sketsa saya tidak mirip dengan suasana aslinya.. hehe..

Nah… ternyata kisah travel-sketching saya ini menarik perhatian majalah Harper’s Bazaar Indonesia. Pada edisi bulan Juni 2015 kisah perjalanan saya ke Phnom Penh Cambodia menjadi salah satu artikel di edisi khususnya. Duh tentu sangat senang sekali, bisa berbagi cerita, pengalaman traveling dan juga gambar-gambar. Rasanya makin semangat untuk pergi traveling sambil sketching.. **cek tabungan **cari sponsor

Terima kasih untuk Majalah Harper’s Bazaar Indonesia untuk artikelnya..

—–

Untuk yang ingin melihat aktivitas dan proses sketching saya? cek di sini : www.vidio.com/users/motulz

«
»

2 comments on “Jadi Travel-sketcher Di Majalah Harper’s Bazaar Indonesia”

  1. aduh bagus2 banget sketsanyaa, pengen banget bisa skteching bgini, tapi biasanya kalo travel kita standarnya foto2 ajaa, hehehehe..
    salam kenal yaaa

    1. motulz says:

      Thanks Vari 😀 salam kenal juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: