Berkunjung Ke Lokasi Penempatan Pencerah Nusantara

“Motulz, mau gak main-main ke lokasi penampatan Pencerah Nusa?” Sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh Mbak Diah dari MDG’s (Millennium Development Goals), yaitu salah satu unit kerja presiden yang menyelenggarakan kegiatan relawan kesehatan masyarakat.

YES! jelas saya jawab mau. Karena saya memang tertarik sekali bepergian ke wilayah-wilayah pelosok di Indonesia. Maka saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke 7 lokasi penempatan program Pencerah Nusantara (PN) di berbagai pelosok pulau di Indonesia; mulai dari Karawang yang paling dekat sampai Lindu di Sulawesi Utara yang mungkin paling jauh.

Ide awal kegiatan ini muncul saat MDG’s berinisiatif membuat sebuah buku yang menceritakan kisah-kisah dari pengalaman para relawan PN angkatan I dan angkatan II. Sambil menyambut relawan angkatan III yang akan siap diberangkatkan ke lokasi penempatan. Nah.. perjalanan kunjungan saya ini selain akan saya ceritakan di blog travel saya (Geospotter.org) juga foto-foto yang sudah saya ambil dari lokasi tersebut akan digunakan untuk materi buku tadi.

PN – Tosari (Bromo)

Namun karena waktu pelaksanaannya mepet menjelang bulan Ramadhan, maka tim kunjungan saya bagi dua. Saya ajak Mas Adit dari media online #beritagar (beritagar.com) untuk mengunjungi 4 lokasi ( Lindu, Ogotua, Berau, dan Ende), sementara saya 3 lokasi (Tosari, Karawang, dan Sikakap Mentawai). Semua lokasi ini bukan lokasi yang umum dikunjungi turis. Mengapa? karena ketujuh lokasi ini lumayan jauh dari standar lokasi ideal untuk pelancong datang ke sana. Nyaris tidak ada ATM, tidak ada toko waralaba, tidak ada pom bensin (beli bensin eceran di botol), bahkan hampir semua jalan akses ke lokasi ini rusak atau tidak bisa diakses dengan mobil.

PN – Karawang

Namun, karena lokasi ini tidak umum didatangi pelancong maka sudah barang tentu ada banyak kisah dan gambar yang bisa kami dapat secara menarik, unik, dan otentik. Semua itu kami ceritakan dan share di blog kami. Untuk blog saya, bisa dilihat di Geopspotter.org – blog travel milik saya. Karena ada banyak cerita dari masing-masing daerah, maka saya akan coba menceritakan kisahnya secara dicicil (tidak sekaligus), supaya tidak bingung dan tidak bosan bukan? 🙂

PN – Mentawai

Terima kasih untuk Mbak Diah ( @adetje) atas kesempatan serunya ini, terima kasih Pencerah Nusantara atas kesempatan bertemu dan ikut beraktivitas bersama relawan kesehatan masyarakat di tiap-tiap lokasi penempatan yang saya sudah kunjungi. Semoga kelak kami mendapatkan kesempatan yang seru seperti ini lagi 😀 #Ngarep.

(semua foto milik @motulz dan materi untuk Pencerah Nusantara)

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: