Seru dan Senangnya Ikutan International Semarang Sketchwalk

Selalu senang saat bisa berkumpul dengan teman, rekan, kenalan, bahkan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama bukan? Ini terjadi pada saya saat ikutan sketching bareng. Kapan pun, di mana pun, yang terakhir ini adalah di Semarang.

Bayangkan jika kumpulnya pun bersama mereka yang datang dari negara lain? Hajatan besar itu namanya International Semarang Sketchwalk 2016 (ISSW2016), yang dihadiri tidak kurang dari 400 orang peserta dari berbagai negara dan kota di Indonesia. Secara jadwal memang hanya berlangsung 3 hari mulai dari 26 – 28 Agustus. Faktanya, banyak peserta yang datang lebih awal dan pulang lebih lambat, kenapa? karena memang menyenangkan.

Beberapa bulan sebelum acara ini, saya bersama teman-teman di Jakarta dan Bandung sudah kasak-kusuk mempersiapkan diri untuk hadir. Beberapa dari mereka bahkan tidak sedikit mulai mencicil alat gambar dan alat lukis untuk dibawa ke Semarang. Beberapa lagi mempersiapkan diri dengan mengatur jadwal pekerjaan dan mengurus exit permit dari para isteri, suami, atau orang tua.

Saya lima hari berada di Semarang, tambah 2 hari dari jadwal sesungguhnya. Itupun rasanya masih kurang saat saya tahu bahwa di Kota Semarang memiliki banyak sekali lokasi, obyek, dan atraksi seni budaya yang menarik sekali untuk di sketch. Saya sudah bebera kali mengunjungi Semarang tentunya, dan Kota Lama adalah lokasi wajib yang pasti saya lewati atau singgahi. Namun karena acara #ISSW2016 ini maka saya berkesempatan “sketchwalking” atau jalan-jalan masuk ke gang dan pelosok bangunan mencari obyek unik untuk di sketch. Tak disangka, ternyata di balik bangunan-bangunan tua dan pelosok gang-gang kecil Kota Lama itu terdapat banyak sekali obyek bagus dan indah sekali. Berantakan? kumuh? ya.. untuk di beberapa tempat, namun yang saya lihat adalah sebuah bentuk berantakan dan kumuh yang indah alias eksotik atau beautiful mess.

Selain Kota Lama, para sketchers pun diajak ke daerah Pecinan, Stasiun Tawang, Klenteng Sam Poo Kong, bahkan ada yang meluncur hingga pelabuhan kapal. Sungguh sebuah lokasi-lokasi impian bagi banyak pembuat sketsa. Saya bersama beberapa teman Sketchwalker pun tidak tinggal diam, kami berkeliling Kota Semarang untuk hunting obyek menarik untuk di sketch. Beruntung sekali kami mendapat dukungan transportasi dari dealer utama Toyota di Semarang yaitu Nasmoco. Jadi kami bisa berkeliling kota dengan nyamannya Toyota All-New Innova 2016. Hingga pada hari terakhir agenda sketching di Candi Borobudur Magelang pun kami berhasil menyusul rombongan dengan mobil ini. Beruntungnya lagi, sore harinya saya harus lekas kembali dari Borobudur ke Semarang karena ba’da Magrib saya sudah harus berada di Impala Co-working space untuk memberikan creative class bersama teman-teman Akademi Berbagi Semarang.

Bersama Akber Semarang

Bersama Akber Semarang

Sungguh sebuah agenda yang padat namun menyenangkan dan seru. Kota Semarang memang mempunyai banyak sekali cerita, baik dari bangunan, kehidupan masyarakat, hingga atraksi kesenian dan budayanya. Bagaimana dengan kulinernya? Ah.. sudah pasti kalian lebih tahu bukan? betapa memikatnya tempat makan, makanan dan masakan di Semarang. Tidak heran jika akhirnya salah satu maskapai nasional Citilink pun menjadikan Kota Semarang ini sebagai destinasi unggulannya dengan harga tiket yang asik!

Di hari-hari terakhir, beberapa peserta mulai berpamitan dan berpisah. Ada yang punya detinasi lanjutan, ada yang harus pulang ke kota dan negaranya, ada juga yang masih bertahan beberapa hari di Semarang. Alasannya masih ingin menikmati Kota Semarang. Saya melihat di sini ada peran besar pemerintah kota, baik dalam mengelola lokasi yang menarik bagi wisatawannya juga dalam mendukung hajatan bertaraf internasional ini. Salut dan salam hormat untuk Pak Walikota Semarang Bapak Hendrar Prihadi (@hendrarprihadi)  yang serius mendukung acara ini juga Ibu Wakil Walikota yang berkenan hadir di acara pembukaan. Saya tunggu undangan hajatan sketching lainnya di lain waktu!

___

Terima kasih kepada

Citilink

Citilink

Nasmoco Semarang

Nasmoco Semarang

«
»

5 comments on “Seru dan Senangnya Ikutan International Semarang Sketchwalk”

  1. Aryo Sunaryo says:

    Narasi perjalanan sketsa yang menarik. Terima kasih. Sampai jumpa, salam.

  2. motulz says:

    Makasih.. makasiih 😀

  3. @dagingkuda says:

    Itu yang pakai you can see hitam duduk di belakang, Embu ya?

  4. Agustinus Angkoso says:

    Halo pak , apa boleh minta foto bersama yang di Lawang Sewu? 😀

    1. motulz says:

      boleh Pak 😀 silakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: